SISTEM MONITORING KUALITAS TIDUR PADA LANSIA - Capstone

IKHSANUL IKBAL

Informasi Dasar

12 kali
24.04.2570
621.367 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

       Tidur merupakan aktivitas vital bagi setiap individu, terutama bagi lansia. Kebutuhan tidur yang memadai sangat penting untuk mempertahankan kesehatan fisik dan mental serta mengurangi risiko berbagai penyakit. Namun, banyak lansia mengalami permasalahan tidur, yang dapat berdampak negatif pada kualitas hidup mereka.
       Berdasarkan informasi yang diperoleh, sekitar 80% lansia berusia 65 tahun ke atas melaporkan mengalami masalah tidur, termasuk kesulitan memulai tidur, terbangun di malam hari, dan tidur yang tidak nyenyak. Gangguan tidur pada lansia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kondisi lingkungan, kondisi medis, depresi, obat-obatan, dan faktor lainnya.
        Dalam penanganan gangguan tidur pada lansia, diagnosis yang akurat adalah langkah penting. Riwayat tidur yang mencakup jumlah jam tidur, kualitas tidur, dan pola tidur merupakan informasi kunci dalam diagnosis ini. Diagnosis yang tepat penting untuk memahami akar penyebab gangguan tidur dan merencanakan intervensi yang sesuai.
Sistem monitoring kualitas tidur menawarkan solusi untuk merekam data riwayat serta kualitas tidur sebagai langkah awal penanganan gangguan tidur. Sistem ini memfokuskan pendeteksian pada citra mata dan posisi tubuh menggunakan pendekatan image processing dengan metode Haar Cascade Classifier dan Mediapipe. Dengan tingkat akurasi mencapai 73,56%, alat ini dapat menjadi sarana untuk memudahkan penanganan yang tepat, sehingga diharapkan kualitas tidur dan kesejahteraan lansia dapat ditingkatkan.
 

Subjek

SENSING
 

Katalog

SISTEM MONITORING KUALITAS TIDUR PADA LANSIA - Capstone
 
xiv, 74p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IKHSANUL IKBAL
Perorangan
Wahmisari Priharti, Dien Rahmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini