PENGARUH SLACK RESOURCES, GENDER DIVERSITY, DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Sektor Barang Baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

GIANINA ARTISTA

Informasi Dasar

36 kali
24.04.2579
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dunia usaha saling terhubung dengan lingkungan eksternalnya, meliputi lingkungan hidup dan masyarakat lokal. Oleh karena itu, Corporate Social Responsibility (CSR) lebih dari sekedar mengungkapkan laporan keuangan saja melainkan mengenai pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan. Namun pada kenyataannya pengungkapan CSR masih tergolong rendah dan belum sepenuhnya diungkapkan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR diantaranya yaitu slack resources, gender diversity, dan media exposure.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis slack resources, gender diversity, dan media exposure terhadap pengungkapan CSR secara simultan dan parsial pada perusahaan sektor barang baku yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022.
Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan dengan periode pengamatan 5 tahun sehingga diperoleh 55 data sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa slack resources, gender diversity, dan media exposure berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan CSR. Secara parsial slack resources berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan gender diversity, dan media exposure tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian kembali dengan menggunakan objek yang berbeda, tahun penelitian yang berbeda, serta menambahkan variabel lain untuk diuji. Bagi perusahaan diharapkan lebih mengoptimalkan pengungkapan CSR pada sustainability report yang merupakan kewajiban perusahaan dalam menjalankan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
 
Kata kunci: gender diversity, media exposure, pengungkapan corporate social responsibility, slack resources
 

Subjek

FINANCIAL ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH SLACK RESOURCES, GENDER DIVERSITY, DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Sektor Barang Baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GIANINA ARTISTA
Perorangan
Wahdan Arum Inawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini