PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, SERTIFIKASI ISO 14001, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Indeks LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022) - Dalam bentuk bu

RAYHAN ALTSANY

Informasi Dasar

48 kali
24.04.2583
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan perusahaan adalah untuk menghasilkan laba optimal, agar dapat memberikan value ke para pemegang saham maupun kepada pihak yang berkepentingan serta menjaga kelangsungan operasional usahanya yang tergambarkan melalui kinerja keuangan. Namun, masih dijumpai beberapa perusahaan terindeks LQ45 memiliki kinerja yang baik dan berportensi terjadi risiko terhadap kelangsungan usaha perushaaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan, sertifikasi ISO 14001, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing terhadap kinerja keuangan perusahaan secara simultan maupun parsial.
Objek pada penelitian ini adalah perusahaan terindeks LQ45 periode 2019-2022. Teknik sampling dengan purposive sampling dan diperoleh 10 perusahaan atau 40 data observasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan software Eviews 12.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lingkungan, sertifikasi ISO 14001, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing berpengaruh secara simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan hasil penelitian secara parsial menunjukkan variabel kepemilikan institusional secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan, variabel serifikasi ISO 14001 dan kepemilikan asing secara parsial berpengaruh secara negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan.
Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk dengan keterbatasan penelitian yang ada disarankan untuk menggali faktor lain yang berpotensi mempengaruhi kinerja keuangan yang diproksikan dengan MVA. Selain itu, sebaiknya menambah jumlah sampel penelitian dengan menambahkan periode penelitian atau menambah sektor lain. Bagi perusahaan disarankan untuk lebih memperhatikan aspek lingkungan dan sosial sekitar perusahaan, sehingga tidak hanya terfokus pada peningkatan laba perusahaan saja. Sementara itu, disarankan menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu informasi sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, SERTIFIKASI ISO 14001, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Indeks LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022) - Dalam bentuk bu
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAYHAN ALTSANY
Perorangan
Majidah, Hosam Alden Riyadh A-alazeez
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SA212023 - AKUNTANSI KEUANGAN 1
  • ACH2A3 - AKUNTANSI KEUANGAN II
  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN
  • SA331052 - GOOD CORPORATE GOVERNANCE
  • ACH3I3 - INVESTASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini