PERSPEKTIF MAHASISWA AKUNTANSI DALAM KESIAPAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DAN ADOPSI TEKNOLOGI TERHADAP ARTIFICIAL INTELLIGENCE BIDANG AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi di Indonesia) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ANISAH FAYYADH IKRAHARJO

Informasi Dasar

23 kali
24.04.2589
657.028 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang kini telah mencapai revolusi 5.0 menjadikan industri yang mulai adaptasi pada teknologi otomasi seperti artificial intelligence. Oleh karena itu, para pekerja dan calon pekerja diwajibkan untuk memahami cara penggunaan teknologi secara optimal. Sebagai mahasiswa, perkembangan teknologi dapat menjadi tantangan dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa S1 Akuntansi di Indonesia terkait kesiapan menggunakan teknologi dan adopsi teknologi dalam menggunakan artificial intelligence dalam bidang akuntansi. 
Dalam analisis penelitian ini, dilakukan analisis melalui indikator-indikator pada variabel. Pada variabel artificial intelligence terdapat indikator adopsi AI dan kesiapan menggunakan AI. Kemudian pada variabel kesiapan menggunakan teknologi terdapat indikator-indikator berupa optimisme, inovatif, rasa tidak aman dan rasa tidak nyaman. Serta pada variabel adopsi teknologi terdapat indikator yaitu persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan. 
Dengan metodologi penelitian kuantitatif, penelitian ini melakukan analisis dengan menyebarkan kuesioner kepada 387 mahasiswa S1 Akuntansi di Indonesia. Metode sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan software SPSS 27.  
Hasil penelitian menemukan bahwa dengan respon positif dari mahasiswa S1 Akuntansi di Indonesia, kesiapan menggunakan teknologi memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap penggunaan artificial intelligence dalam bidang akuntansi dan adopsi teknologi juga berpengaruh signifikan dan positif terhadap artificial intelligence dalam bidang akuntansi. Hasil ini menjadikan secara simultan kesiapan menggunakan teknologi dan adopsi teknologi berpengaruh signifikan dan positif terhadap artificial intelligence. 
Dengan hasil penelitian ini, disarankan untuk mahasiswa agar terus meningkatkan literasi serta evaluasi pengetahuan terhadap teknologi terutama teknologi otomasi seperti artificial intelligence. Apabila akan dilakukan penelitian lebih lanjut, disarankan untuk melakukan analisis dan ekspolaris pada variabel tambahan yang memiliki signifikansi pada artificial intelligence.
Kata Kunci: Artificial Intelligence, Adopsi Teknologi, Kesiapan Menggunakan Teknologi
 

Subjek

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
 

Katalog

PERSPEKTIF MAHASISWA AKUNTANSI DALAM KESIAPAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DAN ADOPSI TEKNOLOGI TERHADAP ARTIFICIAL INTELLIGENCE BIDANG AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi di Indonesia) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANISAH FAYYADH IKRAHARJO
Perorangan
Tri Utami Lestari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini