Pengaruh Financial Distress, Opini Audit, dan Aktivitas Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Transportasi dan Logistik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2023) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

CINDY BENEDICTA DELIANA

Informasi Dasar

28 kali
24.04.2595
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada umumnya, tujuan setiap perusahaan adalah memperoleh laba sebesar- besarnya untuk memperkaya para pemegang saham. Dalam prosesnya, meningkatkan nilai perusahaan merupakan kunci penting bagi setiap perusahaan untuk mencapai tujuannya dengan maksimal. Tingginya nilai perusahaan tercermin melalui tingginya minat para investor dalam menginvestasikan dananya terhadap perusahaan dan tercermin pula melalui harga saham perusahaan itu sendiri.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh financial distress, opini audit, dan aktivitas komite audit terhadap nilai perusahaan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2023.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Dalam pengambilan sampel, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 16 perusahaan selama empat tahun dan 6 data outlier yang dikeluarkan, sehingga total data observasi yang tersisa sebanyak 58 data. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel yang diolah dengan menggunakan aplikasi Eviews 12.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah variabel financial distress, opini audit, dan aktivitas komite audit secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel nilai perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2023. Secara parsial, variabel financial distress yang diukur dengan Earning Per Share (EPS) dan aktivitas komite audit dengan proksi frekuensi rapat komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan opini audit memiliki berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2023.

Saran bagi perusahaan berdasarkan penelitian ini, perusahaan diharapkan untuk tetap konsisten dalam menjaga transparansi dan akurasi laporan keuangan yang diterbitkan. Bagi investor berdasarkan hasil penelitian ini, investor diharapkan untuk lebih memperhatikan opini audit yang diterima oleh perusahaan sebagai bagian penting sebelum menentukan keputusan investasinya. Diharapkan investor sebelum menentukan keputusan investasinya untuk menggunakan informasi dari opini audit dalam menganalisis perusahaan untuk membuat keputusan investasi yang tepat dan aman.

Kata kunci: financial distress, opini audit, aktivitas komite audit, nilai perusahaan

Subjek

AUDIT
 

Katalog

Pengaruh Financial Distress, Opini Audit, dan Aktivitas Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Transportasi dan Logistik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2023) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CINDY BENEDICTA DELIANA
Perorangan
Deannes Isynuwardhana, Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini