PENGARUH KEPEMILIKAN PUBLIK, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAN TERHADAP PENGUNGKAPAN MANAJEMEN RISIKO (Studi Kasus Perusahaan Sektor Basic Materials yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RACHMAT FIRDAUS

Informasi Dasar

31 kali
24.04.2598
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan manajemen risiko merupakan suatu informasi mengenai pengelolaan risiko perusahaan dan menyampaikan dampak perusahaan yang akan mendatang. Maka adanya pengungkapan manajemen risiko untuk membantu perusahaan memberikan informasi terhadap pihak eksternal pada perusahaan mengenai risiko perusahaan.

 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis data sekunder dengan menggunakan IBM SPSS 26 untuk melakukan pengujian hipotesis penelitian. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 data perusahaan dari 68 perusahaan dengan menggunaka purposive sampling pada Perusahaan sektor basic materials yang terdaftar di indeks saham syariah indonesia (ISSI) tahun 2022. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda.

 

Penelitian ini juga ingin mengetahui pengaruh kepemilikan publik, leverage, ukuran perusahaan terhadap pengungkapan manajemen risiko pada sektor basic materials yang terdaftar di indeks saham syariah indonesia (ISSI) tahun 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan publik, leverage, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko. Selain itu secara parsial leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko, sedangkan kepemilikan publik, ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan manajemen risiko.

 

Bedasarkan hasil penelitian ini dari ketiga variabel tersebut dapat digunakan secara bersamaan, kepemilikan publik, leverage, ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan manajemen risiko perusahaan. enelitian ini tidak mencakup semua variabel karena mungkin ada variabel lain yang dapat mempengaruhi variabel penelitian.

 

 

 

Kata kunci : Kepemilikan Publik, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Pengungkapan Manajemen Risiko

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN PUBLIK, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAN TERHADAP PENGUNGKAPAN MANAJEMEN RISIKO (Studi Kasus Perusahaan Sektor Basic Materials yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RACHMAT FIRDAUS
Perorangan
Deannes Isynuwardhana, Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EAI3143 - MANAJEMEN RISIKO

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini