PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEPUTUSAN INVESTASI, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar pada BEI Periode

ALIFIYA RIFDAH CHAIRUNNISA

Informasi Dasar

50 kali
24.04.2599
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan adalah penilaian yang diberikan investor guna mengukur kondisi dan kinerja perusahaan yang tercermin dalam harga pasar saham. Pihak manajemen dari sebuah perusahaan harus meningkatkan kinerja perusahaan agar harga saham di pasar juga akan mengalami peningkatan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal, Keputusan Investasi, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Kontrol (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar pada BEI Periode 2015-2022).
Populasi dalam penelitian ini adalah sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2022. Teknik sampling yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 sampel yang terdiri dari 8 perusahaan dengan periode penelitian selama 8 tahun. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan struktur modal, keputusan investasi, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dengan variabel kontrol profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial struktur modal, keputusan investasi, dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel kontrol profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas dan ukuran berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi calon investor dengan adanya perhitungan dari price book value (PBV) sebagai salah satu indikator untuk mengukur nilai perusahaan dengan variabel independen struktur modal, keputusan investasi, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dengan variabel kontrol profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan.
Kata kunci : Nilai perusahaan, struktur modal, keputusan investasi, kebijakan dividen

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEPUTUSAN INVESTASI, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar pada BEI Periode
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIFIYA RIFDAH CHAIRUNNISA
Perorangan
Dudi Pratomo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ACH1B4 - AKUNTANSI KEUANGAN I

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini