PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TEHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ALYA AMANY HANIFA

Informasi Dasar

35 kali
24.04.2610
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia tumbuh seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan keterbukaan informasi semakin maju. Dengan demikian persaingan antar perusahaan semakin pesat dan ketat terutama terjadi pada perusahaan sejenis. Dalam hal ini subsektor perbankan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan perekonomian suatu negara, dimana subsektor perbankan menjadi salah satu faktor pemicu bergeraknya perekonomian di seluruh sektor. Oleh karena itu pentingnya meningkatkan kinerja keuangan dalam perbankan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal intelektual, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2022.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dan proses pengolahan data menggunakan software Eviews 12. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 31 perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022 sehingga terdapat 124 data observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel modal intelektual, leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Secara parsial modal intelektual, leverage dan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja keuangan.  
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan agar penelitian ini dapat membantu perusahaan subsektor perbankan sebagai bahan evaluasi untuk lebih memperhatikan kemampuan perusahaan dalam mengelola aset dan mengelola dana eksternal dalam meningkatkan kinerja keuangan.
Kata Kunci: kinerja keuangan, modal intelektual, leverage , dan ukuran perusahaan
 

Subjek

AKUNTANSI
 

Katalog

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TEHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALYA AMANY HANIFA
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini