Analisis Financial Distress Dengan Menggunakan Analisis Survival (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Pakaian dan Barang mewah yang terdaftar di IDX-IC Periode 2016-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RIVANZA DHIA RAMADHAN

Informasi Dasar

167 kali
24.04.2611
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Financial Distress adalah situasi dimana kondisi keuangan perusahaan yang  tidak sehat atau kurang baik, ditandai dengan kekurangan modal dan kesulitan memenuhi kewajiban keuangan dalam jangka waktu pembayarannya. faktor-faktor yang penyebab terjadinya financial distress adalah memiliki aset yang rendah, leverage perusahaan yang  tinggi, serta kinerja perusahaan yang kian memburuk. Oleh karena itu  perusahaan perlu mengambil tindakan untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dari  terjadinya financial distress atau kesulitan keuangan.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk  mengetahui pengaruh variabel independen yaitu likuiditas, leverage, Profitabilitas, serta Ukuran perusahaan terhadap variabel dependen  yaitu financial distress.
Objek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Perusahaan Sub-Sektor Pakaian dan Barang Mewah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling. Dalam pengambilan sampel ini dilakukan pengambilan sampel sebanyak 14 sampel perusahaan dari 22 total sampel  perusahaan dan diperoleh 98 data sampel yang diobservasi selama tujuh tahun. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis survival yang diolah menggunakan SPSS dengan metode Regresi Cox Propotional Hazard.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh dikarenakan terdapat variabel bebas memberikan penambahan dampak terhadap model tersebut  sehingga menghasilkan kecocokan pada model. Secara Parsial menunjukkan bahwa Leverage dan Ukuran Perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Financial Distress. Sedangkan Likuiditas dan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Financial Distress.
Dengan penelitian ini diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk menambah variabel diluar variabel yang peneliti masukkan kedalam penelitian seperti Salesgrowth, Intellectual Capital, Kepemilikan Manajerial, atau variabel-variabel lainnya, serta memperbanyak tahun penelitian agar mendapat banyak variasi dalam data. Untuk investor mencoba memperluas koneksi sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan kepada perusahaan.
 

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Analisis Financial Distress Dengan Menggunakan Analisis Survival (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Pakaian dan Barang mewah yang terdaftar di IDX-IC Periode 2016-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIVANZA DHIA RAMADHAN
Perorangan
Brady Rikumahu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini