PENGARUH GENDER DIVERSITY, INVESTMENT OPPORTUNITY SET DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Indeks LQ45 Tahun 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AULIA NUR FITRI SALIMAH

Informasi Dasar

31 kali
24.04.2620
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

   Setiap bisnis harus memaksimalkan nilai perusahaannya untuk mencapai tujuan utamanya, yaitu mendapatkan keuntungan atau laba sebesar mungkin. Persepsi investor terhadap suatu perusahaan berdasarkan nilai sahamnya adalah nilai perusahaan. Nilai perusahaan sangat penting karena mencerminkan cara pasar menilai kinerja perusahaan secara keseluruhan. Kemakmuran pemegang saham menunjukkan nilai perusahaan yang tinggi.
   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gender Diversity, investment opportunity set (MBVE), dan kebijakan dividen (DPR) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q) pada perusahaan yang Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang diakses pada website resmi perusahaan dan website Bursa Efek Indonesia.
   Populasi penelitian ini adalah perusahaan Indeks LQ45 yang konsisten terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh 20 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun sehingga total menjadi 100 data sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 12.
   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gender diversity, investment opportunity set (MBVE), dan kebijakan dividen (DPR) secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q). Secara parsial gender diveristy tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Investment opportunity set berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
   Penelitian ini mengakui adanya variabel lain yang belum tercakup, oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi variabel-variabel tambahan yang mungkin memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
 
Kata Kunci: Gender Diversity, Investment Opportunity Set, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan
 

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH GENDER DIVERSITY, INVESTMENT OPPORTUNITY SET DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Indeks LQ45 Tahun 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA NUR FITRI SALIMAH
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EAI2S3 - AKUNTANSI MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini