DESAIN PROTOTYPE BATERAI ALUMUNIUM UDARA DENGAN BAHAN ELEKTROLITE AIR ALKALI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NURIMAN WICAKSANAJATI

Informasi Dasar

71 kali
24.04.2641
621.31242
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan baterai konvensional telah menyebabkan dampak negatif serius terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Baterai konvensional, yang mengandung bahan berbahaya seperti timbal, kadmium, dan merkuri, dapat mencemari tanah dan air, menghasilkan emisi gas beracun selama produksi dan pembuangan limbah, dan menyebabkan kerusakan ekosistem serta masalah kesehatan seperti gangguan saraf dan pernapasan. Selain itu, limbah baterai yang tidak dikelola dengan baik dapat mencemari tanah pertanian dan sumber air, mengakibatkan kontaminasi makanan dan air minum.

Oleh karena itu, diperlukan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu solusi dalam upaya mencari sumber energi alternatif adalah dengan menggunakan baterai alumunium udara. Baterai ini menggunakan logam alumunium sebagai anoda untuk menghasilkan elektron selama reaksinya, dengan menggunakan elektrolit seperti NaCl sebagai penghubung yang memfasilitasi proses elektrokimia dalam sel baterai.

Baterai Alumunium Udara menggunakan larutan elektrolit garam dan air laut yang telah dielektrolisis, tujuannya untuk menambah daya pada baterai. Memiliki 4 sel baterai yang diserikan untuk menyalakan LED.

Menambahkan modul sel surya (MSS) untuk menambahkan daya pada baterai supaya dapat menyalakan lampu DC 5-watt lalu untuk mereduksi anoda alumunium agar tidak cepat korosi. Sistem IoT menampilkan tegangan, arus, dan daya baterai pada aplikasi blynk agar memudahkan pengguna melihat daya pada Baterai Alumunium Udara.

Kata kunci : Baterai Alumunium Udara, Penelitian, Energi, IoT, Modul Sel Surya

Subjek

Renewable energy
 

Katalog

DESAIN PROTOTYPE BATERAI ALUMUNIUM UDARA DENGAN BAHAN ELEKTROLITE AIR ALKALI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURIMAN WICAKSANAJATI
Perorangan
Ekki Kurniawan, Uke Kurniawan Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini