Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022) - Dalam b

DEBI MEGA SOFIANA

Informasi Dasar

63 kali
24.04.2678
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan adalah gambaran tentang seberapa besar perusahaan tersebut dianggap bernilai oleh pasar dari pada kapitalisasi pasarnya, biasanya nilai perusahaan diukur menggunakan PBV, dimana PBV membandingkan nilai pasar (harga saham) dengan nilai bukunya. Nilai ini digunakan oleh investor untuk melihat apakah saham suatu perusahaan dapat dikategorikan undervalued atau overvalued dan bagaimana potensi pertumbuhan atau risiko yang akan diterima di masa yang akan mendatang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, growth opportunity, dan nilai perusahaan pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2018 – 2022.

 

Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 39 sampel perusahaan dengan periode penelitian selama lima tahun sehingga data yang didapat sebesar 195 data observasi. Data yang di peroleh untuk melakukan penelitian bersumber dari laporan keuangan tahunan (annual report) yang berada di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12 dan Microsoft Excel.

 

Berdasarkan hasil analisis deskriptif, nilai perusahaan yang diukur dengan menggunakan PBV, profitabilitas yang diukur dengan ROA, dan leverage yang diukur dengan DAR menunjukkan bahwa data tersebut bersifat tidak berkelompok atau bervariasi. Sedangkan good corporate governance diukur dengan menggunakan total komite audit, ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan Ln = (Total Asset), dan growth opportunity diukur dengan menggunakan total asset (t) – total asset (t-1) / total asset (t-1) menunjukkan bahwa data tersebut bersifat berkelompok atau tidak bervariasi.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa good corporate governance, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan growth opportunity secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel good corporate governance, profitabilitas, dan leverage secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan, dan growth opportunity secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa 5% dijelaskan oleh variabel penelitian ini sedangkan sisanya sebesar 95% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilakukan dalam penelitian ini.

Kata kunci: good corporate governance, growth opportunity, leverage, nilai perusahaan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan.
 

Subjek

FINANCIAL ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022) - Dalam b
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEBI MEGA SOFIANA
Perorangan
Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SA212023 - AKUNTANSI KEUANGAN 1

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini