PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, ASIMETRI INFORMASI, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmia

SRI NODIA RAHNA

Informasi Dasar

29 kali
24.04.2679
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

           Nilai perusahaan adalah pandangan investor terhadap keberhasilan manajer dalam mengelola sumber daya perusahaan yang tercermin dalam harga saham. Setiap perusahaan akan berupaya secara maksimal untuk meningkatkan nilai perusahaannya karena keberlanjutan organisasi bisnis bergantung pada kemampuannya dalam memberikan keuntungan kepada para pemangku kepentingan (stakeholder). Peningkatan nilai perusahaan adalah sebuah pencapaian yang sesuai dengan tujuan perusahaan Go-public, karena dengan meningkatnya nilai perusahaan akan diikuti dengan meningkatnya kesejahteraan para pemegang saham. Hal ini akan membuat perusahaan semakin menarik bagi investor untuk untuk menginvestasikan dananya pada perusahaan tersebut.
            Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Asimetri Informasi, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor infrastruktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022.
            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan melibatkan 21 perusahaan yang diamati selama lima tahun sehingga diperoleh sampel sebanyak 105 observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12.
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Asimetri Informasi, dan Profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, Keputusan Pendanaan berpengaruh negatif dan Profitabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan Keputusan Investasi dan Asimetri Informasi tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sub sektor infrastruktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022.
            Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi perusahaan untuk meningkatkan Nilai Perusahaan, khususnya perusahaan sektor infrastruktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan dapat mengoptimalkan struktur pendanaan dengan lebih hati-hati dengan menghindari peningkatan utang yang berlebihan. Selain itu, perusahaan juga harus berupaya untuk meningkatkan profitabilitas.

Kata kunci: Asimetri Informasi, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Nilai Perusahaan, Profitabilitas
 

Subjek

FINANCIAL ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, ASIMETRI INFORMASI, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmia
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SRI NODIA RAHNA
Perorangan
Galuh Tresna Murti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2B3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • EBH0H4 - MANAJEMEN KEUANGAN
  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini