PENGARUH NON-PERFORMING LOAN (NPL), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (Studi Perusahaan Sub Sektor Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

HELLEN GUNAWAN

Informasi Dasar

44 kali
24.04.2685
332.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Untuk mengevaluasi kinerja keuangan suatu perusahaan dalam menghasilkan laba dapat menggunakan rasio profitabilitas (ROA), karena profitabilitas mampu menggambarkan sejauh mana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang dinyatakan dari sumber daya keuangan yang tersedia. Semakin tinggi laba yang dihasilkan maka semakin tinggi pula ROA. Return on Asset (ROA) yang semakin tinggi mengartikan bahwa profitabilitas dan kinerja keuangan bank berada pada tingkat yang baik.
Penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Non Performing Loan (NPL), Loan Deposit Ratio (LDR), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return on Asset (ROA) pada Perusahaan Sub Sektor Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari data laporan keuangan yang tercatat pada IDX. Metode penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sub Sektor Bank Swasta Nasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 19 Bank Swasta Nasional dengan periode penelitian pada tahun 2018-2022. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software EViews 12.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Non-Performing Loan (NPL), Loan Deposit Ratio (LDR), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Secara parsial Non Performing Loan (NPL) mempunyai pengaruh negatif yang signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Sementara itu, Loan Deposit Ratio (LDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Return on Asset (ROA). Penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi mengenai pengaruh rasio-rasio keuangan yang dimiliki oleh perusahaan perbankan terhadap rasio profitabilitas (ROA). Berdasarkan dari hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah untuk menambahkan periode penelitian hingga terbaru, memperluas populasi penelitian, serta menambahkan variabel lain yang berbeda.

Kata kunci: Non-Performing Loan (NPL), Loan Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Return on Asset (ROA)

Subjek

BANK ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH NON-PERFORMING LOAN (NPL), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (Studi Perusahaan Sub Sektor Bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HELLEN GUNAWAN
Perorangan
Dewa Putra Krishna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EAI3123 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • ACH3E3 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • SA516013 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini