PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL DAN GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Basic Materials Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2023) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

LADYSTIA FADWAH MUBAROKAH

Informasi Dasar

29 kali
24.04.2686
658.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan adalah bukti performa suatu perusahaan untuk  memberikan persepsi mengenai perusahaan kepada para pemangku kepentingan. Faktor-faktor environmental,social dan governance merupakan aspek-aspek yang terdapat pada laporan keberlanjutan. laporan keberlanjutan dapat berfungsi sebagai filosofi pengungkapan yang berfokus terhadap kebjakan bisnis untuk nilai masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan environmental,social dan governance terhadap nilai perusahaan secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor basic materials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2023.
Sampel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 12 perusahaan untuk sektor basic materials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2023. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian pada perusahaan sektor basic materials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2023 menunjukan bahwa pengungkapan environmental,social dan governance memiliki pengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan.
Secara parsial variabel pengungkapan environmental tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik ataupun buruk tingkat pengungkapan kinerja environmental suatu perusahaan tidak mempengaruhi nilai perusahaan. Kemudian variabel pengungkapan social tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini berarti bahwa pengungkapan kinerja social suatu perusahaan dalam laporan keberlanjutan tidak mempengaruhi nilai perusahaan tersebut. Sedangkan variabel governance memiliki hasil berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Hal tersebut memiliki arti bahwa semakin baik ataupun buruk pengungkapan governance akan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.
 
Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Laporan Keberlanjutan, Pengungkapan Environmental, Social, dan Governance
 

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL DAN GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Basic Materials Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2023) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LADYSTIA FADWAH MUBAROKAH
Perorangan
Wahdan Arum Inawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini