PENGARUH INOVASI LAYANAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK MASYITA KOTA MAKASSAR - Dalam bentuk buku karya ilmiah

TASYA RISKY MUFIDA

Informasi Dasar

19 kali
24.04.2708
658.406 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Era globalisasi membawa tantangan signifikan bagi industri layanan kesehatan, termasuk rumah sakit, dengan jumlahnya terus bertambah di Indonesia, mencapai 2.522 unit pada 2021, meningkat 3,02% dari tahun sebelumnya. Persaingan ketat ini memaksa rumah sakit, baik swasta maupun pemerintah, untuk meningkatkan kualitas layanan guna menarik pelanggan yang semakin selektif.

RSIA Masyita Makassar, rumah sakit swasta yang berkembang, menawarkan pelayanan khusus untuk ibu dan anak dengan pelayanan penunjang medis 24 jam dan pusat layanan unggulan. Akan tetapi, pasti ada persaingan antara RS Masyita dan RS yang lainnya dalam bidang pelayanan atau fasilitas. Melihat banyaknya pesaing, RS Masyita menjadikan tantangan baru dalam berinovasi dan mengembangkan RS Masyita agar tetap unggul dibandingkan RS pesaing. Tujuan penelitian ini adalah memahami pengaruh dari inovasi layanan terhadap keunggulan kompetitif di RSIA Masyita Kota di Makassar dalam persaingan industri pelayanan kesehatan yang semakin ketat.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 95 responden dipilih melalui teknik purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar melalui Instagram dan dianalisis menggunakan SPSS versi 27 Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif dengan Uji Asumsi Klasik meliputi Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Multikolinearitas. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana dan Hipotesis Parsial serta Koefisien Determinasi untuk menguji hipotesis penelitian mengenai Pengaruh Inovasi Layanan terhadap Keunggulan Bersaing di RSIA Masyita di Kota Makassar.

Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa inovasi layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing sebesar 45.7% pada RSIA Masyita di Kota Makassar, sedangkan sisanya 54.3% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: inovasi layanan, keunggulan bersaing, pelayanan kesehatan, rsia masyita.

Subjek

INNOVATION
 

Katalog

PENGARUH INOVASI LAYANAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK MASYITA KOTA MAKASSAR - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TASYA RISKY MUFIDA
Perorangan
Jurry Hatammimi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini