ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI MENGGUNAKAN BUSSINESS MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS TOKO OLEH - OLEH SIMPANG TIGA GARUT) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ILHAM FAUZAN

Informasi Dasar

50 kali
24.04.2712
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran yang sangat besar dan signifikan di Indonesia, termasuk menyediakan peluang kerja. UMKM juga  berfungsi sebagai sumber pendapatan utama dan memungkinkan partisipasi dalam kegiatan ekonomi yang produktif, terutama bagi kelompok masyarakat dengan pendapatan rendah. Jumlah pelaku UMKM di Indonesia, termasuk di Kota Garut, terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu contohnya adalah UMKM Toko Oleh-Oleh Simpang Tiga di Kota Garut. Ini adalah toko oleh-oleh khas Garut.
Business Model Canvas (BMC) adalah alat strategis yang digunakan untuk menggambarkan dan merancang model bisnis secara komprehensif melalui sembilan elemen utama, termasuk segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran distribusi, hubungan pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya utama, aktivitas utama, kemitraan utama, dan struktur biaya. Analisis SWOT adalah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh bisnis, membantu dalam merumuskan strategi yang efektif dan berkelanjutan. Kombinasi BMC dan Analisis SWOT memungkinkan pengembangan strategi bisnis yang komprehensif dan adaptif terhadap perubahan lingkungan bisnis.
Penelitian ini menggunakan metode kulitatif, penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Business Model Canvas (BMC), Analisis SWOT, PESTEL, dan Porters Five Force pada Toko Oleh-Oleh Simpang Tiga Garut, dengan menambahkan mitra baru dan memiliki tim media sosial yang handal, Toko Oleh-Oleh Simpang Tiga Garut dapat memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Promo dan diskon akan menarik lebih banyak pelanggan, sementara fokus pada pengguna media sosial dan platform seperti YouTube, TikTok, dan e-commerce akan memperluas jangkauan pemasaran. Mengurangi biaya pemasaran akan meningkatkan efisiensi produksi. Inovasi produk dan kolaborasi baru akan membuka peluang pendapatan dan meningkatkan ketersediaan produk. Strategi ini akan membuat toko lebih adaptif terhadap perubahan pasar dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Kata Kunci: Business Model Canvas, SWOT, UMKM

Subjek

MANAGEMENT STRATEGY
 

Katalog

ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI MENGGUNAKAN BUSSINESS MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS TOKO OLEH - OLEH SIMPANG TIGA GARUT) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILHAM FAUZAN
Perorangan
Mohammad Riza Sutjipto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0I4 - MANAJEMEN STRATEGI
  • EBI3U4 - PENGEMBANGAN KORPORASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini