PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN KEPULAUAN BANGKA BELITUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah

LUKMANUL HAKIM

Informasi Dasar

23 kali
24.04.2718
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kinerja pegawai menjadi salah satu aspek krusial yang harus diperhatikan. Kinerja yang optimal dapat dicapai melalui berbagai faktor, di antaranya disiplin kerja dan motivasi kerja. Namun, data menunjukkan bahwa terdapat kendala dalam disiplin kerja dan motivasi yang mempengaruhi kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk mencaritahu pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di instansi tersebut. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai, pengaruh motivasi kerjaterhadap kinerja pegawai, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui disiplin kerja pegawai Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung; 2) mengetahui bagaimana motivasi kerja pegawai Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung; 3) mengetahui kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung; 4) mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung; 5) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh pegawai Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung yang berjumlah 147 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran 54 pernyataan yang diukur menggunakan skala likert 5 titik. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini menunjukkan variabel yang berpengaruh signifikan mempengaruhi kinerja pegawai adalah motivasi kerja dibandingkan dengan disiplin kerja.
Motivasi kerja memiliki nilai Path Coefficient sebesar 0.788, T-Statistic 22.027 atau nilai P-Value 0.000. Sebaliknya, disiplin kerja dengan nilai T-Statistic 0.008 atau P-Value 0.994 tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai.
 
Kata Kunci: Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai, SEM-PLS
 

Subjek

SUMBER DAYA MANUSIA
 

Katalog

PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN KEPULAUAN BANGKA BELITUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUKMANUL HAKIM
Perorangan
Teguh Iman Santoso
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SI331044 - HUMAN RESOURCE MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini