Financial technology (fintech) menjadi inovasi penting dari perkembangan teknologi digital di sektor keuangan dengan aplikasi digitalnya menyediakan solusi keuangan sampai proses bisnis dan manajerial kepada berbagai sektor. Salah satunya adalah ke sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
UMKM memanfaatkan platform digital dari fintech sebagai solusi dari berbagai kendala yang dulu dihadapi seperti pembiayaan, pembayaran elektronik, manajemen kas dan lain sebagainya. Ko-inovasi antara fintech dan UMKM menghasilkan 5 penciptaan nilai baru yang bersifat inovasi secara bertahap atau inovasi secara radikal dan pada akhirnya akan berpengaruh pada pertumbuhan pendapatan.
Model persamaan struktural (structural equation model) dengan metode partial least square digunakan untuk mencari hubungan dan dampak dari model penciptaan nilai terhadap inovasi dan pertumbuhan pendapatan. Sebanyak 178 entitas UMKM sektor kuliner di 3 kota terbesar di Indonesia (Jakarta, Surabaya dan Medan) menjadi sampel penelitian ini. Basis konsumen baru, efisiensi rantai nilai baru dan nilai konsumen baru menjadi 3 dari 5 model penciptaan nilai yang berpengaruh signifikan pada inovasi bertahap dari kolaborasi antara UMKM dan Perusahaan fintech. Inovasi bertahap dari kolaborasi tersebut juga berpengaruh signifikan pada pertumbuhan pendapatan UMKM. Pada Multi Group Analysis, ternyata dampak pertumbuhan pendapatan tertinggi dirasakan kelompok usaha mikro yaitu 54,8%, dibandingkan 47,0% pada usaha kecil, 51,5% pada usaha menengah dan 50,5% pada total keseluruhan kelompok UMKM.
Kata Kunci : Financial Technology, Fintech, UMKM, Kolaborasi, Ko-inovasi, Platform Ko-inovasi, Inovasi Bertahap, Inovasi Radikal, 5 Model Penciptaan Nilai