PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN SALES GROWTH TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Energy dan Basic Materials yang Listing pada BEI Tahun 2021-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MUTIARA KHAIRUNNISA SUHARDI

Informasi Dasar

18 kali
24.04.3915
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perubahan iklim yang diakibatkan oleh meningkatnya volume emisi karbon merupakan isu yang saat ini menjadi fokus utama global untuk segera diselesaikan. Masyarakat, khususnya pihak yang berkepentingan sangat membutuhkan transparansi dan akuntabilitas untuk menilai perusahaan. Pengungkapan informasi keberlanjutan oleh perusahaan telah bersifat wajib. Namun, pada praktiknya masih terdapat perusahaan di Indonesia yang belum memenuhi kelengkapan lingkup pelaporan emisi.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan emisi karbon yaitu kinerja lingkungan, ukuran perusahaan, leverage dan pertumbuhan penjualan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling sehingga dari 172 perusahaan selama tahun 2021-2022 diperoleh 62 data sampel yang kemudian dianalisis menggunakan regresi data panel dengan software Eviews 12 untuk menjawab hipotesis penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan emisi karbon. Leverage dan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif terhadap pengungkapan emisi karbon. Kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon.
Secara teoritis dan praktis, penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi dan acuan mengenai pengungkapan emisi karbon dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada perusahaan yang diklasifikasi dalam sektor energi dan material dasar yang terdaftar pada IDX-IC.
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan periode penelitian agar dapat memberikan hasil dan gambaran yang terbaru mengenai kinerja lingkungan, ukuran perusahaan, leverage dan sales growth terhadap pengungkapan emisi karbon. Bagi perusahaan pada sektor energy dan basic materials yang listing pada BEI tahun 2021-2022 diharapkan dapat memenuhi pengungkapan mengenai aspek emisi karbon khususnya pada item RC-4 (biaya emisi masa depan yang diperhitungkan dalam perencanaan belanja modal) dalam laporan keberlanjutan perusahaan. Dan bagi inverstor diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan dan referensi dalam mengambil keputusan berinvestasi berdasarkan tanggungjawab perusahaan dalam menanggapi isu perubahan iklim.

Kata Kunci: Pengungkapan Emisi Karbon, Kinerja Lingkungan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN SALES GROWTH TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Energy dan Basic Materials yang Listing pada BEI Tahun 2021-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
vi,125p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIARA KHAIRUNNISA SUHARDI
Perorangan
Cahyaningsih, Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini