Pengaruh Pengungkapan Green Banking, Corporate Social Responsibility Fund, dan Capital Adequacy terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FATIMAH AZ-ZAHRA

Informasi Dasar

8 kali
24.04.3988
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba selama periode tertentu dan memberikan gambaran mengenai tingkat efektivitas manajemen dalam melakukan kegiatan operasionalnya. Profitabilitas dapat memberikan informasi penting mengenai tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam mengelola dana pada periode tertentu. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi profitabilitas, yaitu pengungkapan green banking, corporate social responsibility fund, dan capital adequacy.
 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan green banking, corporate social responsibility fund, dan capital adequacy. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis secara simultan dan parsial pengaruh antara pengungkapan green banking, corporate social responsibility fund, dan capital adequacy terhadap profitabilitas pada bank umum konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Diperoleh 33 bank umum konvensional tahun 2020-2022, sehingga jumlah data observasi pada penelitian ini sebanyak 99 data. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder dengan teknik analisis data, yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12.

Hasil penelitian menemukan bahwa pengungkapan green banking, corporate social responsibility fund, dan capital adequacy berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas. Secara parsial pengungkapan green banking dan corporate social responsibility fund berpengaruh positif terhadap profitabilitas sedangkan capital adequacy tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada bank umum konvesional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber relevan sebagai bahan masukan dan pertimbangan pengambilan keputusan terkait bagaimana menghasilkan profitabilitas yang baik bagi perusahaan. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi bagi investor sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam berinvestasi. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk meneliti kembali profitabilitas suatu bank dengan menggunakan variabel independen lain yang tidak diteliti pada penelitian ini, seperti komite pemantau risiko.
 
Kata Kunci: capital adequacy, corporate social responsibility fund, pengungkapan green banking, profitabilitas

 

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Pengungkapan Green Banking, Corporate Social Responsibility Fund, dan Capital Adequacy terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Umum Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi,91p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATIMAH AZ-ZAHRA
Perorangan
Cahyaningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2A3 - AKUNTANSI KEUANGAN II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini