Pengaruh Pengungkapan Emisi Gas Rumah Kaca dan Eco-Efficiency terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Lingkungan sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2022) - Dala

NADILLA PUTRI ALZANURA

Informasi Dasar

8 kali
24.04.4003
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan perusahaan yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal agar dapat memiliki nilai perusahaan yang tinggi dan dapat mensejahterakan para pemegang saham. Nilai perusahaan merupakan tolak ukur bagi keberhasilan suatu perusahaan yang dapat dilihat melalui harga sahamnya, jika harga saham perusahaan tinggi maka dapat dikatakan nilai perusahaannya juga tinggi.

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh utama yaitu menguji pengaruh pengungkapan emisi gas rumah kaca, eco-efficiency, dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Kedua, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek moderasi yaitu menguji peran kinerja lingkungan dalam memoderasi pengaruh pengungkapan emisi gas rumah kaca terhadap nilai perusahaan dan peran kinerja lingkungan dalam memoderasi pengaruh eco-efficiency terhadap nilai perusahaan.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Berdasarkan kriteria pemilihan sampel, diperoleh jumlah sampel sebanyak 31 perusahaan dengan total 62 observasi, namun terdapat data outlier sebanyak 10 data sehingga data penelitian tersisa 52 observasi dari 2 tahun periode penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deksriptif, analisis regresi data panel dan analisis regresi moderasi dengan menggunakan aplikasi Eviews 12.

Hasil penelitian menemukan bahwa pengungkapan emisi gas rumah kaca, eco-efficiency, dan kinerja lingkungan berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, pengungkapan emisi gas rumah kaca dan kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, eco-efficiency tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa kinerja lingkungan memperkuat pengaruh pengungkapan emisi gas rumah kaca dan eco-efficiency terhadap nilai perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti kembali eco-efficiency dengan indikator lain, seperti membagikan nilai produk terhadap pengaruh lingkungan. Bagi perusahaan disarankan untuk lebih memfokuskan strateginya pada penerapan pengungkapan emisi gas rumah kaca dan kinerja lingkungan yang berdasarkan pada penelitian ini dapat meningkatkan nilai perusahaan.
 
Kata Kunci: eco-efficiency, kinerja lingkungan, nilai perusahaan, pengungkapan emisi gas rumah kaca

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Pengungkapan Emisi Gas Rumah Kaca dan Eco-Efficiency terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Lingkungan sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2022) - Dala
 
xiii,117p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADILLA PUTRI ALZANURA
Perorangan
Cahyaningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2A3 - AKUNTANSI KEUANGAN II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini