Penelitian ini ditujukan untuk menawarkan solusi strategi bagi Rumah Zakat dengan timeframe 10 tahun kedepan. Analisis perencanaan skenario dipilih untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan tujuan untuk mengetahui scenario tepat yang digunakan oleh Rumah Zakat untuk 10 tahun kedepan.
Dalam penelitian ini, pendekatan induktif digunakan, berdasarkan pendekatan pengembangan teori. Berdasarkan waktu pelaksanaanya, peneliti mendapatkan data dengan cara cross section. Driving Forces industri zakat diidentifikasi berdasarkan hasil analisis PESTEL dan Porter Five Forces yang didapatkan dari proses wawancara kepada narasumber teridentifikasi 29 driving forces untuk Industri Zakat.
Terdapat 4 scenario yang dihasilkan yaitu Jumping Frog, Accelerate to Excellence, The Struggle, dan Business as Usual sebagai acuan gambaran kondisi yang perlu diperhatikan dalam menghadapi kondisi ketidakpastiaan kedepannya, sehingga lembaga dapat menentukan arah strategis lembaga yang lebih maksimal. Lembaga perlu menimbang implication dan option strategy pada setiap scenario untuk memperkuat kemampuan lembaga hari ini dalam menghadapi berbagai kondisi yang muncul akan kedepannya.
Menerapkan rekomendasi Common Strategy yaitu (1) Membuat model bisnis baru/ strategy baru (2) menerapkan digitalisasi pada seluruh lini lembaga (3) menjadi kolaborator lembaga zakat pemerintah, (4) menjalin kemitraan dengan perusahaan untuk mengakses dana CSR sebagai alternatif pembiayaan program pemberdayaan, dan ((5) Menyiapkan talent talent baru untuk meningkatkan daya saing organisasi. Sebagai langkah konkrit lembaga dalam merespon semua scenario yang terbentuk.
Kata Kunci : perencanaan skenario, managemen strategi, zakat, Filantropi