Pengembangan Aplikasi Pembelajaran SQL Berbasis Gamifikasi dengan Metode Waterfall - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RAYHAN RIZQIAL HARIZ

Informasi Dasar

162 kali
24.04.4880
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Structured Query Language (SQL) merupakan bahasa standar untuk mengelola dan memanipulasi database relasional, yang menjadi keterampilan sangat penting dalam era digital saat ini. Namun, survei awal mengungkapkan bahwa 92,5% responden mengalami kesulitan dalam penggunaan SQL, dengan penyebab utama meliputi kompleksitas sintaks (47,5%) dan kurangnya pemahaman serta minat (32,5%). Kondisi ini menciptakan kesenjangan antara kebutuhan industri akan profesional yang mahir SQL dan kemampuan individu untuk menguasainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas aplikasi pembelajaran SQL berbasis gamifikasi menggunakan metode Waterfall sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Metodologi pengembangan mencakup tahapan Waterfall, meliputi perencanaan kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan peluncuran. Aplikasi dirancang dengan fitur-fitur interaktif seperti tutorial, kuis, dan sistem pelacakan kemajuan. Pengujian fungsionalitas menggunakan metode black box testing menunjukkan bahwa seluruh fitur berfungsi sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan. Evaluasi penerimaan pengguna dilakukan menggunakan kuesioner yang mengadaptasi item-item dari Technology Acceptance Model (TAM), berfokus pada variabel Perceived Usefulness (PU) dan Perceived Ease of Use (PEOU). Hasil analisis menunjukkan tingkat penerimaan yang tinggi, dengan 85,24% responden menilai aplikasi sangat bermanfaat (PU) dan 84,76% menganggap aplikasi mudah digunakan (PEOU). Kesimpulannya, aplikasi pembelajaran SQL berbasis gamifikasi yang dikembangkan terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran SQL, dengan tingkat penerimaan dan kepuasan pengguna yang signifikan, memberikan kontribusi penting dalam menjembatani kesenjangan keterampilan SQL yang ada.

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
 

Katalog

Pengembangan Aplikasi Pembelajaran SQL Berbasis Gamifikasi dengan Metode Waterfall - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
70p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAYHAN RIZQIAL HARIZ
Perorangan
Ati Suci Dian Martha, Rosa Reska Riskiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini