Agrowisata N8 Gunung Mas, terletak di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor adalah salah satu destinasi agrowisata yang populer di Indonesia selama puluhan tahun. Agrowisata Gunung Mas menawarkan keunggulan alam yang asri dan alami. Lebih dari sekadar perkebunan teh, Agrowisata Gunung Mas menawarkan beragam fasilitas menarik. Namun, saat ini tempat wisata tesebut masih dianggap sebagai unit bisnis BUMN yang kuno bila dibandingkan dengan pesaingnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Agrowisata N8 Gunung Mas menghadapi beberapa masalah. Salah satu masalah utama adalah kurang efektifnya prasarana penyampaian informasi dan navigasi yang membuat banyak pengunjung kebingungan dan kesulitan menemukan arah. Media informasi dan navigasi di Agrowisata N8 Gunung Mas pun masih kurang tertata dan terbatas. Akibatnya, pengunjung kesulitan dalam beraktifitas dan tidak efisien. Signage dan wayfinding di beberapa titik juga memprihatinkan karena menggunakan bahan seadanya dan tidak mencerminkan identitas serta citra Agrowisata N8 Gunung Mas. Berdasarkan fenomena yang terjadi, dapat disimpulkan bahwa Agrowisata N8 Gunung Mas membutuhkan perancangan ulang Environmental Graphic Design berupa signage dan wayfinding. Melalui perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengunjung juga dapat memperkuat identitas dan citra Agrowisata N8 Gunung Mas.
Kata kunci: agrowisata gunung mas, identitas merek, environmental graphic design, signage, dan wayfinding