CLEIN merupakan sebuah aplikasi mobile yang terintegrasi dengan Dropbox untuk mengatasi masalah sampah botol plastik yang semakin meningkat di lingkungan. Aplikasi mobile CLEIN sebagai platform digital yang bertujuan untuk mengajak masyarakat merubah sampah plastik yang merusak lingkungan menjadi keuntungan berupa poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan reward. Untuk menilai efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna terhadap tampilan aplikasi mobile CLEIN, peneliti menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Time-Based Efficiency Analysis. Pendekatan ini mengevaluasi tingkat keberhasilan 22 responden dalam menyelesaikan tugas pada prototipe CLEIN dengan menghitung Screen Usability Score (SCUS) menggunakan tools yang disediakan oleh Maze-App. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online dan diperoleh skor 74 dalam rentang nilai "C" pada SUS dan dikategorikan "baik" berdasarkan penilaian. Ini menunjukkan bahwa user umumnya menganggap aplikasi ini mudah digunakan, meskipun tidak menutup kemungkinan dalam pengembangan aplikasi di masa mendatang. Pengguna menghargai desain aplikasi yang intuitif dan estetis, serta fungsionalitas yang ramah pengguna. Untuk lebih meningkatkan kegunaan dan daya tarik, aplikasi CLEIN dapat mempertimbangkan beberapa rekomendasi, seperti mengembangkan fitur tambahan dan memperluas jenis sampah yang dapat ditukar dengan poin.
Kata Kunci: Pengalaman Pengguna, Manajemen Sampah