PENGARUH STRATEGI 7P TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENUMPANG DI TERMINAL 3 BANDARA SOEKARNO-HATTA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MARYAM NAMIRA

Informasi Dasar

161 kali
25.05.002
658.81
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Indonesia, dengan 15,5 juta wisatawan pada 2023, memiliki potensi besar di sektor penerbangan berkat kebutuhan transportasi udara dan posisi strategisnya. Bandara Soekarno-Hatta, khususnya Terminal 3, berpeluang menjadi hub regional jika mampu bersaing dengan bandara kelas dunia seperti Changi dan Hamad. Namun, Terminal 3 masih menghadapi keluhan terkait fasilitas tenant (32%), pelayanan petugas (25%), dan kenyamanan lingkungan (18%), yang memengaruhi kepuasan dan customer loyalty, serta peringkat Skytrax. Penelitian ini menganalisis elemen 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) terhadap kepuasan dan customer loyalty melalui pendekatan kuantitatif menggunakan metode descriptive survey.

Dengan sampel 400 responden melalui kuesioner online, data dianalisis menggunakan SEM-PLS untuk menguji hubungan variabel independen, intervening (customer satisfaction), dan dependen (customer loyalty). Hasil menunjukkan customer satisfaction sebagai faktor utama loyalitas (path coefficient 0,748, p-value 0,000). Elemen 7P yang paling berpengaruh adalah physical evidence (fasilitas, desain, kebersihan), process (efisiensi layanan), dan product (kualitas layanan). Elemen lain seperti price, place, people, dan promotion memiliki pengaruh yang tidak signifikan.
Rekomendasi penelitian menekankan perbaikan fasilitas, layanan, dan produk untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, sementara elemen lain tetap perlu evaluasi. customer satisfaction menjadi kunci penguatan hubungan elemen 7P dengan loyalitas, mendukung daya saing global Bandara Soekarno-Hatta.

Kata kunci: 7P, customer satisfaction, customer loyalty
 
 

Subjek

MANAJEMEN PEMASARAN
 

Katalog

PENGARUH STRATEGI 7P TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENUMPANG DI TERMINAL 3 BANDARA SOEKARNO-HATTA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARYAM NAMIRA
Perorangan
Rina Djunita Pasaribu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen PJJ
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • ELI1B3 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • ELI1F3 - MANAJEMEN STRATEGI DAN EKOSISTEM BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini