Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang penting dan bermanfaat jika diajarkan sejak dini. Namun, metode pembelajaran konvensional menjadi kendala, sebagaimana diungkap dari wawancara dengan guru SD Al Irsyad Al-Islamiyyah 01 dan peringkat EF EPI yang menempatkan Indonesia ke-81 dari 111 negara. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi Augmented Reality (AR) untuk perkenalan hewan dalam Bahasa Inggris bagi siswa kelas 1 SD. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Hasil validitasi kepuasan guru Bahasa Inggris memperoleh skor 94%, menunjukkan aplikasi memenuhi standar kompetensi. Hasil pengujian dengan metode Black-Box Testing, disimpulkan bahwa aplikasi yang dikembangkan berfungsi dengan baik dan sesuai dengan rancangan. Uji pretest dan posttest pada 28 siswa menunjukkan peningkatan nilai dari 63,57% menjadi 94,29% (peningkatan 30,72%). Dibuktikan dengan hasil perbandingan antara nilai pretest dan posttest yang diperoleh dari siswa kelas 1 SD Al-Irsyad, bahwa penggunaan aplikasi telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini membuktikan aplikasi efektif meningkatkan pemahaman Bahasa Inggris siswa.