ANALISIS ADOPSI APLIKASI DENGAN MODEL MODIFIED UTAUT-3 (STUDI KASUS: LAYANAN PAJAK ONLINE PHRI PT FINNET INDONESIA DI KABUPATEN BOYOLALI) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AYU YULIARTI DHARMA PUTRI

Informasi Dasar

120 kali
25.05.038
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

PT. Finnet Indonesia telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten

Boyolali terkait dengan implementasi Pajak Online PHRI sejak tahun 2021. Jumlah

Wajib Pajak yang menggunakan layanan Pajak Online PHRI di Kabupaten Boyolali

adalah sebanyak 143 WP dari total 560 WP yang terdaftar sebagai Wajib Pajak hotel

dan restoran di Kabupaten Boyolali. Jika dibandingkan, maka hanya sekitar 25,54%

WP yang tercatat sebagai anggota PHRI dan sudah mengimplementasikan pajak

daerah secara online, sementara sisanya masih dilakukan secara manual.

Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan

kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi rendahnya adopsi

teknologi terhadap sistem perpajakan online dengan menganalisis penerimaan

pengguna terhadap Layanan Pajak Online PHRI PT. Finnet Indonesia

menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 3

(UTAUT-3) di Kabupaten Boyolali.

Dalam penelitian ini, dilakukan analisis terhadap variabel UTAUT-3, yaitu

Performace Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating

Condition, Hedonic Motivations, Behavior Intention, Habit dan Personal

Innovativeness. Metode survei dilakukan dengan pendekatan sensus sampling

terhadap 143 responden dengan kriteria Wajib Pajak yang tercatat sebagai pengguna

layanan Pajak Online PHRI PT. Finnet Indonesia.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa faktor secara

signifikan memengaruhi niat perilaku untuk mengadopsi sistem pajak online PHRI.

Khususnya, effort expectancy, facilitating conditions, habit, performance

expectancy, personal innovativeness, and social influence semuanya menunjukkan

efek positif dan signifikan pada behaviori intention. Effort expectancy, kondisi yang

memfasilitasi, dan kebiasaan meningkatkan behaviori intention untuk mengadopsi

sistem, seperti halnya effort expectancy dan keterbukaan personal terhadap inovasi.

Social influence juga memainkan peran penting dalam membentuk behaviori

intention. Sebaliknya, hedonic motivations tidak berdampak signifikan pada niat

perilaku. Berdasarkan temuan ini, meningkatkan kemudahan penggunaan sistem

dan menambah sumber daya dukungan sangat penting untuk meningkatkan

keterlibatan pengguna. Menyelaraskan sistem dengan habit dan menekankan

manfaat praktis daripada kesenangan dapat memfasilitasi adopsi yang lebih lancar.

Selain itu, mempromosikan personal innovativeness dan memanfaatkan social

influence akan semakin meningkatkan keinginan pengguna untuk mengadopsi

sistem.

Kata Kunci: Adopsi Teknologi, Unified Theory of Acceptance and Use of

Technology, Online Tax

Subjek

TECHNOLOGY ACCEPTANCE
 

Katalog

ANALISIS ADOPSI APLIKASI DENGAN MODEL MODIFIED UTAUT-3 (STUDI KASUS: LAYANAN PAJAK ONLINE PHRI PT FINNET INDONESIA DI KABUPATEN BOYOLALI) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYU YULIARTI DHARMA PUTRI
Perorangan
Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • EMI1K2 - PERILAKU BISNIS DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini