Kecakapan Digital Generasi Z Dalam Mengkonsumsi Konten Pemilu 2024 di Tiktok - Dalam bentuk buku karya ilmiah

CANDI BISMO AJI

Informasi Dasar

166 kali
25.04.103
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

 

 
Dalam pemanfaatan media sosial sebagai media kampanye pemilu 2024, yaitu didapatkan banyak informasi menyesatkan yang tersebar di berbagai media sosial, salah satunya adalah Tiktok. Mayoritas pengguna Tiktok merupakan Generasi Z, yakni sekitar 50 juta akun. Sebagai pengkonsumsi utama konten Tiktok, generasi Z adalah target utama konten kampanye Pemilu 2024 di media sosial Tiktok. Literasi digital menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh para pemilih terutama generasi Z sebagai pemilih pemula dalam masa Pemilu 2024. Urgensi dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mencaritahu bagaimana kecakapan digital generasi Z dalam mengkonsumsi konten pemilu 2024. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang mendekripsikan data yang diperoleh berdasarkan jawaban yang diberikan dan diinginkan oleh subjek penelitian. Melalui teori kecakapan literasi digital japelidi ditemukan sepuluh kecakapan digital yaitu kemampuan mengakses, menyeleksi, memahami, menganalisis, memverifikasi, mengevaluasi, mendistribusikan, memproduksi, berpartisipasi dan berkolaborasi. Berdasarkan sepuluh kemampuan tersebut, peneliti mendeskripsikan bahwa kecakapan digital generasi Z dalam mengkonsumsi konten pemilu 2024 yaitu baik.
 
Kata Kunci:  Kecakapan Digital, Generasi Z, Konten Pemilu, Tiktok
 

Subjek

DIGITAL LITERACY
 

Katalog

Kecakapan Digital Generasi Z Dalam Mengkonsumsi Konten Pemilu 2024 di Tiktok - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 95p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CANDI BISMO AJI
Perorangan
Clara Novita Anggraini
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • KII2A3 - LITERASI DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini