ABSTRAK
Kehadiran teknologi digital di zaman ini dapat mempermudah setiap orang dalam
menjalankan kehidupan, terutama dalam mengkases informasi serta komunikasi dengan
dunia luar. Namun kehadiran teknologi digital ini tentu saja bukan hanya menimbulkan
dampak yang positif saja tapi juga memberikan dampak negatif, salah satunya adalah pinjol
(pinjaman online). Kehadiran pinjol atau pinjaman online mempermudah masyarakat dalam
mendapatkan dana darurat terutama dalam keadaan genting, hal ini dikarenakan proses pinjol
jauh lebih cepat serta mudah dibandingkan dengan peminjaman melalui bank. Namun
disamping kemudahan itu pinjol juga banyak menimbulkan dampak negatif yang sangat
merugikan, seperti bunga yang tinggi hingga berujung scam atau peretasan akun pribadi yang
dapat menimbulkan tekanan kepada korbannya baik secara fisik ataupun mental seperti
halnya yang pernah dirasakan oleh penulis. Bahkan akibat dampak negatif yang ditimbulkan
oleh pinjaman online ini seringkali membuat korbannya depresi hingga berujung bunuh diri.
Melalui karya ini penulis yaitu pinjol kedalam karya seni patung mix media, memvisualisasikan fenomena sosial yang semakin meluas di era
digital saat ini berupa patung manusia
yang sedang tertimpa batu besar yang dirancang secara interaktif, dengan bagian atas yang
dapat dibuka sehingga ketika dibuka, uang akan terlihat di dalamnya. Tak lupa penulis juga
memasukan beberapa simbol bentuk serta warna kedalam karya ini sebagai bentuk
penyampaian pesan kritik penulis mengenai isu ini. Tujuan penulis dalam membuat karya
seni patung mengenai isu pinjol ini bukan hanya untuk membagikan pengalaman pribadi
penulis saat terjerat pinjol namun untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang
efek negatif pinjaman online terhadap individu, serta membuat pengunjung merasakan dan
memahami tekanan yang dirasakan oleh individu yang terjerat pinjaman online serta
meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan keuangan pribadi dan penggunaan
teknologi finansial secara bijak. Untuk mencapai tujuan penulis dalam membuat karya ini,
penulis memvisualisasikan rasa tertekannya seseorang yang terjerat pinjol kedalam karya
seni patung.
Kata Kunci : Teknologi Digital, Pinjaman Online, Seni Patung, Depres