Baterai lithium ion (Li-ion) memiliki peranan penting dalam penyimpanan energi, keselamatan pengguna, dan masa pakai dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu baterai yang umum digunakan adalah baterai LiFePO4 yang digunakan untuk kendaraan listrik, namun baterai Li-ion ini akan menjadi limbah setelah rusak. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami korelasi sifat listrik dan struktur material katoda baterai Li-ion sebagai dasar pengembangan recycle baterai. Lingkup penelitian ini meliputi analisis sifat listrik baterai LiFePO4 sampel A, B, C, dan D dengan perlakuan yang berbeda, yaitu pemberian pembebanan 800 Watt 2,5 Ohm dan 1000 Watt 0,005 Ohm sebanyak 1 cycle, 30 cycle, dan 100 cycle tidak berturut-turut. Serta menjelaskan struktur kristal dari hasil perlakuan yang berbeda. Dengan teknik XRD untuk mengobservasi struktur kristal dan SEM untuk menghasilkan gambar beresolusi tinggi dari permukaan LiFePO4 dengan 3 macam perbesaran, yaitu 2500x