Kemajuan teknologi telah mendorong inovasi di industri transportasi global, termasuk dalam pengembangan sepeda motor yang semakin populer karena kepraktisannya. Di Indonesia, penggunaan sepeda motor terus meningkat setiap tahun, dari 120.042.298 unit pada 2021 menjadi 125.305.332 unit pada 2022 (BPS, 2022). Namun, peningkatan ini juga memicu masalah konsumsi bahan bakar dan polusi udara. Sebagai solusi, pemerintah menggalakkan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) melalui Perpres Nomor 55 Tahun 2019. Salah satu teknologi utama dalam kendaraan listrik adalah penggunaan motor BLDC (Brushless DC), yang dikenal memiliki efisiensi tinggi, respons dinamis, serta umur pakai yang lebih panjang. Sistem penggerak kendaraan listrik ini terdiri dari tiga komponen utama: baterai, kontroler, dan motor BLDC, yang terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu wheel-hub motor dan mid-drive motor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa in-wheel hub motor BLDC sebagai powertrain sepeda motor list