Analisis Sentimen Multi-aspek untuk Ulasan Hotel dengan Metode Hybrid RNN-Long Short Term Memory (LSTM) - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal

BELLA HUTAURUK

Informasi Dasar

430 kali
25.04.402
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan pesat sektor pariwisata di Indonesia telah menyebabkan peningkatan jumlah ulasan hotel secara online, sehingga menciptakan kebutuhan bagi industri perhotelan untuk menganalisis ulasan tersebut secara efisien guna mendukung pengambilan keputusan. Penelitian ini melakukan analisis sentimen multi-aspek pada ulasan hotel menggunakan pendekatan LSTM dan BERT untuk memahami pola sentimen pada enam aspek utama: kebersihan, lokasi, harga, makanan, fasilitas, dan layanan. Analisis ini mengatasi tantangan seperti penggunaan bahasa informal, sentimen yang ambigu, dan ulasan yang mencakup beberapa aspek secara bersamaan. Data dikumpulkan dari platform Tiket.com dan melalui tahapan pra-pemrosesan meliputi pembersihan data, case folding, tokenisasi, normalisasi, penghapusan kata berhenti, stemming, serta penyeimbangan data menggunakan teknik SMOTE. Dataset kemudian dibagi menjadi 70% untuk pelatihan dan 30% untuk pengujian. Model LSTM mencapai akurasi tertinggi dalam mengidentifikasi sentimen untuk aspek kebers

Subjek

NATURAL LANGUAGE PROCESSING
 

Katalog

Analisis Sentimen Multi-aspek untuk Ulasan Hotel dengan Metode Hybrid RNN-Long Short Term Memory (LSTM) - Dalam bentuk pengganti sidang - Artikel Jurnal
 
11p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BELLA HUTAURUK
Perorangan
Yuliant Sibaroni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini