Perusahaan – perusahaan yang menyediakan pakaian olahraga custom dan retail di Indonesia mendapatkan banyak permintaan desain pakaian olahraga custom yang meningkat. Dengan banyaknya permintaan tersebut, membuat perusahaan memerlukan peningkatan produktivitas dengan cara mengadopsi layanan virtual selfdesign custom menggunakan website atau aplikasi, seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa negara lain agar waktu desain lebih efisien dan efektif meringankan beban tenaga desain fulltime.
Dalam memperdalam pemahaman mengenai faktor yang mendorong individu dalam minatnya untuk menggunakan virtual selfdesign custom, selain inovativeness, variety seeking, prior experience, dan product involvement, variabel perceived ease of use, perceived control, dan perceived enjoyment juga ditambahkan pada konsep model. Serta pembahasan difokuskan pada bagaimana faktor individual drivers mempengaruhi purchase intention melalui brand experience dan intention to use customization toolkit.
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan survei melalui Google Form pada 454 responden yang merupakan pelaku olahraga dan pelanggan yang sudah pernah membeli pakaian olahraga di Indonesia. Kemudian dilakukan analisis deskriptif dan juga metode PLS – SEM menggunakan SmartPLS 4.1.0.8 untuk menguji model dan hipotesis.
Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor Individual drivers yang paling berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui brand experience dan intention to use customization toolkit adalah perceived ease of use, perceived enjoyment, dan variety seeking. Faktor pendorong individu berpengaruh terhadap purchase intention melalui brand experience dan intention to use customization toolkit sebesar 76,5%.
Hasil Penelitian ini menyarankan perusahaan pakaian olahraga custom di Indonesia untuk mengedukasi konsumen dalam menggunakan virtual selfdesign custom secara mudah, dengan content marketing yang menarik dan menyenangkan, serta secara berkala selalu meluncurkan inovasi dan variasi baru.
Kata Kunci: brand experience, individual drivers, produk custom, purchase intention