Penelitian ini membahas tentang televisi yang memiliki pengaruh besar kepada pemirsa dalam menyampaikan informasi. Tayangan program memengaruhi pemirsa secara kognitif dan pemirsa dapat mengembangkan persepsi serta tanggapan melalui tayangan informasi yang dilengkapi dengan hiburan. Melalui program infotainment seperti Silet Awards dapat memengaruhi opini publik terhadap selebriti yang terlibat karena infotainment memiliki audiens yang besar. Opini positif dapat meningkatkan popularitas program dan selebriti tetapi opini negatif dapat merusak reputasi jika mereka terlibat dalam kontroversi. Maka dari itu, prestasi dan perilaku merupakan komponen yang membentuk opini publik terhadap seorang selebriti. Penulis mengumpulkan data dengan metode survei dan pendekatan deskriptif yang digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan untuk memberikan gambaran tanpa membuat kesimpulan yang umum. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara program televisi dengan opini publik dan reputasi selebriti, disimpulkan bahwa variabel program televisi memiliki pengaruh signifikan terhadap opini publik dengan koefisien korelasi sebesar 0,845 dan koefisien determinasi sebesar 71,3%. Lalu hasil penelitian selanjutnya disimpulkan bahwa variabel program televisi juga memiliki pengaruh signifikan terhadap reputasi selebriti dengan koefisien korelasi sebesar 0,884 dan koefisien determinasi sebesar 78,1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa program televisi Silet Awards RCTI tidak hanya berhasil memengaruhi opini publik secara signifikan tetapi juga memberikan kontribusi besar terhadap pembentukan reputasi selebriti.