Permasalahan yang ditemukan pada penelitian ini adalah pada minat generasi muda yang rendah dalam mengikuti kegiatan komunitas. Kondisi ini menuntut adanya strategi komunikasi yang adaptif terhadap pola interaksi digital generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi dalam pemberdayaan komunitas online untuk pengembangan inovasi sosial digital melalui Youtz Community Hub. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, mengandalkan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap program-program yang dilaksanakan oleh Youtz Community Hub. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan meliputi tahapan analisis dan riset, perumusan kebijakan, perencanaan program, pelaksanaan kegiatan komunikasi, serta evaluasi dan umpan balik. Penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi utama mampu meningkatkan partisipasi, keterlibatan (engagement), dan dampak pemberdayaan komunitas. Strategi komunikasi digital yang dirancang juga terbukti efektif dalam mendorong pengembangan inovasi sosial serta membangun ekosistem kolaboratif antara komunitas, institusi, dan pemangku kepentingan lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan strategi komunikasi Youtz Community Hub sangat dipengaruhi oleh adaptasi terhadap teknologi digital dan pemahaman mendalam terhadap karakteristik audiens. Pendekatan yang partisipatif, fleksibel, dan berbasis data menjadi kunci dalam menciptakan perubahan sosial yang inklusif dan berkelanjutan.