Dalam lingkup pendidikan, peran kepemimpinan kepala sekolah menjadi faktor yang sangat penting terhadap motivasi guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam menerapkan aspek kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap motivasi guru di Cerdas Ceria Bilingual School. Kepemimpinan transformasional memberikan kontribusi melalui inspirasi, pengembangan individu, dan stimulasi intelektual, sedangkan kepemimpinan transaksional berperan melalui penghargaan bersyarat dan pengawasan berbasis kesepakatan. Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel independen gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional kepala sekolah terhadap motivasi guru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi kepala sekolah dalam mengembangkan strategi kepemimpinan yang efektif untuk meningkatkan motivasi kerja guru, sehingga berdampak positif pada kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan di Cerdas Ceria Bilingual School.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner kepada guru Cerdas Ceria Bilingual School sebanyak 126 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dan menggunakan teknik analisis data SEM-PLS untuk menguji hubungan variabel independen dan dependen serta analisis lanjutan berupa Multi Group Analysis (MGA) dengan pendekatan Structural Equation Modeling–Partial Least Square (SEM-PLS) berdasarkan jenis kelamin guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi guru memiliki pengaruh positif dan signifikan dibuktikan dengan t-statistic sebesar 12,3096, serta hubungan antara gaya kepemimpinan transaksional kepala sekolah terhadap motivasi guru memiliki pengaruh positif dan signifikan dibuktikan dengan t-statistic sebesar 15.1491.
Keywords: Kepala Sekolah, Kepemimpinan Transformasional, Kepemimpinan Transaksional, Motivasi Guru