Peran Prambanan Jazz dalam Meningkatkan Citra Yogyakarta sebagai Kota Budaya - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NURFIANI TAFDHILLAH

Informasi Dasar

194 kali
25.04.2478
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Prambanan Jazz Festival telah muncul sebagai acara budaya penting yang meningkatkan citra Yogyakarta sebagai "Kota Budaya" dengan memadukan musik modern dengan tradisi lokal. Studi ini meneliti bagaimana festival ini memadukan jazz kontemporer dengan unsur-unsur budaya Jawa dan menganalisis perannya dalam mempromosikan pencitraan kota Yogyakarta. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan pemangku kepentingan utama penyelenggara acara (PT Rajawali Indonesia), pejabat budaya (Dinas Kebudayaan DIY), dan anggota audiens bersama dengan dokumentasi dan observasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa festival ini secara strategis menggabungkan pertunjukan musik dengan simbol-simbol budaya (misalnya, kampanye batik, kolaborasi seniman tradisional) dan memanfaatkan situs warisan Candi Prambanan sebagai latar belakang yang unik. Upaya ini memperkuat identitas budaya Yogyakarta sekaligus menarik wisatawan domestik dan internasional. Studi ini menyoroti keberhasilan festival dalam mendorong kolaborasi antara pelaku bisnis, pemerintah, dan masyarakat untuk mendukung diplomasi budaya dan pariwisata. Rekomendasi yang diberikan meliputi perluasan penelitian akademis menggunakan kerangka kerja Penta Helix dan peningkatan inisiatif pendidikan budaya selama festival berlangsung. Penelitian ini menggarisbawahi potensi festival musik sebagai alat untuk pencitraan kota dan pelestarian budaya.

Kata Kunci : Prambanan Jazz Festival, City Branding,Yogyakarta

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
 

Katalog

Peran Prambanan Jazz dalam Meningkatkan Citra Yogyakarta sebagai Kota Budaya - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 111p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURFIANI TAFDHILLAH
Perorangan
Wa Ode Seprina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • SK311093 - INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
  • SK312032 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini