Strategi Pengembangan Desain Ruang Kelas Cagar Budaya untuk Penguatan Identitas dan Nilai Pemikiran Dewi Sartika - Dalam bentuk buku karya ilmiah

LILYANA YASHILA RAHIMA SURONO

Informasi Dasar

31 kali
25.05.320
729
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Eksistensi Sekolah Dewi Sartika sebagai warisan pendidikan perempuan kini mengalami penurunan, baik dari segi identitas maupun pemaknaan nilai-nilai pemikiran Dewi Sartika di dalamnya. Ruang kelas cagar budaya sebagai ruang pembelajaran sekaligus ruang historis belum dimanfaatkan secara maksimal untuk merepresentasikan identitas dan nilai pemikiran beliau. Fenomena ini menimbulkan urgensi perancangan strategi pengembangan ruang kelas yang mampu memperkuat identitas nilai-nilai pemikiran tokoh melalui media ruang. Penelitian ini menggunakan kerangka Design Thinking sebagai conceptual framework untuk menggali kebutuhan pengguna dan merumuskan solusi desain secara partisipatif. Teori Place Identity, Burra Charter: Cultural Significance, dan Heritage-Inspired Strategy digunakan sebagai landasan dalam mengeksplorasi identitas tempat, nilai historis, serta pendekatan pelestarian berbasis warisan budaya. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Photo Elicitation Interview (PEI), serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan identitas ruang dapat dicapai melalui strategi desain yang mempertimbangkan elemen historis, simbolik, serta kebutuhan kontemporer pendidikan dan komunitas. Strategi tersebut dikembangkan dalam tiga pendekatan: Historical Revival, Eclectic Historicism, dan Free Historicism, yang masing-masing dirancang berdasarkan sintesis temuan lapangan dan nilai-nilai pemikiran Dewi Sartika: cageur, bageur, bener, pinter, dan singer. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan keilmuan desain interior berbasis identitas, pelestarian pendidikan, serta penguatan nilai budaya lokal dalam ruang belajar.

Kata kunci: strategi desain, ruang kelas cagar budaya, Dewi Sartika, place identity, heritage, pendidikan

Subjek

DESAIN INTERIOR
 

Katalog

Strategi Pengembangan Desain Ruang Kelas Cagar Budaya untuk Penguatan Identitas dan Nilai Pemikiran Dewi Sartika - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
cxxxix, 139p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LILYANA YASHILA RAHIMA SURONO
Perorangan
Santi Salayanti, Riky Azharyandi Siswanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Desain
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini