Perancangan Meja dengan Sistem Kuncian Dinamis untuk Mendukung Proses Pembelajaran PAUD - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ARI SAPUTRA

Informasi Dasar

30 kali
25.04.3121
658.575 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan fleksibel merupakan kebutuhan utama dalam mendukung pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang meja modular yang mampu meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di POS PAUD Cihaurgeulis. Desain meja ini mengimplementasikan strategi visual dengan pendekatan elemen warna, bentuk, dan pola yang menarik bagi anak-anak, serta teknik sambungan modular seperti Sash Window Latch untuk memudahkan konfigurasi dan penataan ruang kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap Kepala Sekolah dan guru di POS PAUD Cihaurgeulis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meja-meja yang tersedia sebelumnya memiliki kendala seperti berat, kurang aman, dan tidak fleksibel, sehingga membatasi kreativitas dalam pengaturan ruang kelas. Dengan desain modular yang baru, meja dapat dilepas-pasang dan diatur sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. SCA pada metode SCAMPER digunakan sebagai metode perancangan untuk membuat meja modular yang inovatis sesuai kebutuhan ruang kelas POS PAUD Cihaurgeulis. Sehingga, rancangan meja ini dapat menjadi solusi agar guru dapat mengatur tata ruang kelas lebih fleksibel dan efisien.

Subjek

Desain produk
 

Katalog

Perancangan Meja dengan Sistem Kuncian Dinamis untuk Mendukung Proses Pembelajaran PAUD - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xl, 40p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARI SAPUTRA
Perorangan
Nurul Fitriana Bahri, Chris Chalik
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini