MENINGKATKAN AKURASI PREDIKSI DALAM ANALISIS PENJUALAN DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN IMPUTASI RATA-RATA DAN MODEL MACHINE LEARNING - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RAFI BAGUS PRAYOGA

Informasi Dasar

27 kali
25.06.242
000
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi prediksi dalam analisis penjualan dan kepuasan dengan menangani data yang hilang menggunakan imputasi rata-rata dan model machine learning. Nilai numerik yang hilang ditangani dengan imputasi rata-rata, sementara nilai kategori yang hilang dikecualikan. Dataset dibagi menjadi 80% untuk pelatihan dan 20% untuk pengujian. Model prediktif dibangun menggunakan algoritma Decision Tree, k-Nearest Neighbors (KNN), dan Random Forest. Kinerja model dievaluasi menggunakan metrik seperti AUC, akurasi, F1- score, presisi, recall, dan MCC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses imputasi secara signifikan meningkatkan kinerja model, dengan Random Forest mencapai AUC tertinggi (0,999) dan akurasi klasifikasi tertinggi (0,982). Hal ini menekankan peran penting imputasi dalam meningkatkan kualitas data dan keandalan prediksi. Selain itu, penelitian ini menetapkan Random Forest sebagai metode yang kuat dalam menangani data yang hilang serta menghasilkan hasil prediksi yang unggul pada dataset serupa.

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

MENINGKATKAN AKURASI PREDIKSI DALAM ANALISIS PENJUALAN DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN IMPUTASI RATA-RATA DAN MODEL MACHINE LEARNING - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFI BAGUS PRAYOGA
Perorangan
Erna Hikmawati, Hariandi Maulid
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini