Perancangan Board Game Lostvolt Sebagai Media Terapi Mengatasi Nomophobia Pada Siswa Sekolah Menengah Atas - Dalam bentuk buku karya ilmiah

DAFA ZAIN ABDULLAH

Informasi Dasar

26 kali
25.04.3166
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nomophobia merupakan penyakit kejiwaan yang dapat menurunkan fungsi kognitif seseorang. Board game telah terbukti dapat digunakan sebagai terapi untuk meningkatkan fungsi kognitif. Penulis ingin merancang board game yang dapat mengurangi dampak negatif nomophobia bagi siswa di SMAN 24 Bandung. Penelitian dilakukan dengan metode induktif. Mixed method research sebagai metode untuk mencari data dan metode perancangan yang dipakai adalah metode perancangan UCD (user centered design).  Perancangan dengan UCD diawali dengan survei konstruksi untuk menentukan preferensi tema, cerita, serta latar board game yang diinginkan dan diakhiri dengan mendapatkan feedback dari pengguna.  Hasil dari survei konstruksi adalah board game Apofasi yang kemudian direvisi menjadi board game Lostvolt, sebuah board game kompetitif bertema misteri yang menantang pemainnya untuk berpikir, membaca cerita, dan membuat keputusan dalam jangka waktu cepat. Untuk menentukan apakah board game Lostvolt bisa mengurangi dampak negatif dari nomophobia atau tidak, digunakan pre-test dan post-test sebagai cara untuk memvalidasi fungsi dari board game Lostvolt.
 
Kata Kunci: Board game, Nomophobia, User Centered Design.

Subjek

Desain produk
 

Katalog

Perancangan Board Game Lostvolt Sebagai Media Terapi Mengatasi Nomophobia Pada Siswa Sekolah Menengah Atas - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAFA ZAIN ABDULLAH
Perorangan
Chris Chalik, Asep Sufyan Muhakik Atamtajani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini