Prediksi Role-Play melalui Model Graph Neural Network Berbasis Ontologi - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ASYAFA DITRA AL HAUNA

Informasi Dasar

14 kali
25.04.3169
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya penggunaan Large Langunage Model (LLM) untuk membantu kebutuhan sehari-hari memunculkan permasalahan baru terhadap teknik pembuatan prompt agar mendapatkan respon sesuai dengan keinginan pengguna. Role-play prompting, salah satu teknik yang terbukti membantu LLM dalam beradaptasi mengolah jawaban pada domain peran yang disebutkan dalam prompt. Peneliti terdahulu hanya meneliti dampak penggunaan teknik role-play prompting pada LLM tetapi tidak mengotomasi pemilihan peran. Penelitian ini mengembangkan model Graph Convolutional Network (GCN), Higher-order Graph Neural Networks (GrapConv), dan Graph Attention Network (GAT) untuk memprediksi peran. Model model tersebut dikembangkan dalam dua skenario berbeda untuk melihat dampak keterlibatan data ontologi yang mengandung informasi rinci terkait peran yaitu definisi peran, kemampuan peran, dan bakat peran. Hasil penelitian menunjukkan model GCN, GraphConv, dan GAT memiliki performa optimal pada kedua skenario pemodelan. Data ontologi terbukti mempengaruhi proses belajar dan performa klasifikasi model. Model GraphConv memiliki kompleksitas komputasi tertinggi sedangkan GAT memiliki jumlah parameter tertinggi.

Subjek

NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP)
 

Katalog

Prediksi Role-Play melalui Model Graph Neural Network Berbasis Ontologi - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASYAFA DITRA AL HAUNA
Perorangan
Siti Khomsah, Andi Prademon Yunus
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika - Kampus Purwokerto
Purwokerto
2025

Koleksi

Kompetensi

  • CAK3JAB3 - Pembelajaran Mesin
  • CAK4NBB3 - PENGOLAHAN BAHASA ALAMI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini