ABSTRAK
Pengajuan alat tulis kantor (ATK) di pengadilan negeri sukoharjo kelas 1A saat ini masih dilakukan secara manual, sehingga menimbulkan berbagai permasalahan seperti keterlambatan proses, ketidaktepatan data, dan ketidakpraktisan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis android bernama KEPO untuk mendigitalisasi proses pengajuan dan pencatatan pengajuan alat tulis kantor. Aplikasi ini dirancang dengan fitur yang mempermudah pegawai dalam mengajukan permohonan alat tulis kantor serta admin dalam mengelola data pengajuan. Metode yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD), yang melibatkan analisis kebutuhan, desain sistem, pengembangan aplikasi, pengujian, hingga implementasi dan pemeliharaan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan pegawai dan admin, observasi proses pengajuan alat tulis kantor, serta studi literatur. Hipotesis awal menyatakan bahwa aplikasi KEPO mampu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi dalam pengajuan alat tulis kantor sekaligus mengurangi waktu dan kesalahan administrasi, sehingga diharapkan mampu mewujudkan pengajuan alat tulis kantor yang modern dan terintegrasi.
Kata Kunci: pengajuan ATK, aplikasi android, digitalisasi, rapid application development, efisiensi administrasi.