Desa Krisik, Kabupaten Blitar, menghadapi permasalahan rendahnya kesadaran masyarakat dalam memilah sampah rumah tangga. Untuk mendukung edukasi pemilahan sampah sejak usia dini, dirancang aplikasi SortSmart berbasis digital signage interaktif yang ditujukan untuk anak PAUD KB Krisik Ceria Bangsa dan ibu rumah tangga Desa Krisik. Aplikasi ini menyajikan tiga kategori sampah organik, anorganik, dan B3 melalui antarmuka ramah anak dengan permainan interaktif drag-and-drop. Proses perancangan dilakukan menggunakan pendekatan Lean UX dengan tahapan identifikasi masalah, pembuatan wireframe, desain visual, serta implementasi pada display digital. Evaluasi dilakukan melalui kuesioner skala Likert untuk menilai pengalaman pengguna berdasarkan lima aspek, yaitu kemudahan penggunaan, daya tarik visual, kesesuaian desain edukasi, navigasi, dan efektivitas fitur. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh penilaian kategori “baik” hingga “sangat baik”, dengan skor tertinggi pada kesesuaian desain edukasi (88%) dan daya tarik visual (85,1%). Aplikasi ini dinilai dapat menjadi media edukatif awal yang mendukung upaya pelestarian lingkungan melalui pemilahan sampah.