Desain UI/UX Aplikasi SortSmart pada Digital Signage Interaktif untuk Mendukung Edukasi Pemilahan Sampah - Dalam bentuk buku karya ilmiah

YENSI SALSABILA

Informasi Dasar

62 kali
25.04.3417
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Desa Krisik, Kabupaten Blitar, menghadapi permasalahan rendahnya kesadaran masyarakat dalam memilah sampah rumah tangga. Untuk mendukung edukasi pemilahan sampah sejak usia dini, dirancang aplikasi SortSmart berbasis digital signage interaktif yang ditujukan untuk anak PAUD KB Krisik Ceria Bangsa dan ibu rumah tangga Desa Krisik. Aplikasi ini menyajikan tiga kategori sampah organik, anorganik, dan B3 melalui antarmuka ramah anak dengan permainan interaktif drag-and-drop. Proses perancangan dilakukan menggunakan pendekatan Lean UX dengan tahapan identifikasi masalah, pembuatan wireframe, desain visual, serta implementasi pada display digital. Evaluasi dilakukan melalui kuesioner skala Likert untuk menilai pengalaman pengguna berdasarkan lima aspek, yaitu kemudahan penggunaan, daya tarik visual, kesesuaian desain edukasi, navigasi, dan efektivitas fitur. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh penilaian kategori “baik” hingga “sangat baik”, dengan skor tertinggi pada kesesuaian desain edukasi (88%) dan daya tarik visual (85,1%). Aplikasi ini dinilai dapat menjadi media edukatif awal yang mendukung upaya pelestarian lingkungan melalui pemilahan sampah.

Subjek

UI/UX
 

Katalog

Desain UI/UX Aplikasi SortSmart pada Digital Signage Interaktif untuk Mendukung Edukasi Pemilahan Sampah - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
lii, 152p.: il,; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YENSI SALSABILA
Perorangan
Duddy Soegiarto, Mindit Eriyadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, D4 Teknologi Rekayasa Multimedia
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • VEI2I4 - DESAIN ANTARMUKA & PENGALAMAN PENGGUNA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini