Abstrak: Kebutuhan akan ruang inovasi dan kolaborasi menjadi asalan utama bagi kelompok kecil berkolaborasi untuk dalam menciptakan ide dan inovasi, terutama pada sektor ekonomi kreatif yang memiliki peran dalam pertumbuhan ekonomi. Tangerang menjadi salah satu kota yang berpotensi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan fashion dan kuliner sebagai subsektor unggulan serta pembuatan konten kreatif menjadi subsektor yang berpotensi. Dalam upaya menjadikan kota yang lebih kreatif, Tangerang perlu memiliki prasarana yang dapat menampung kegiatan ekonomi kreatif seperti creative hub. Creative hub menjadi penting dalam hal ini karena merupakan tempat yang dapat mendukung terjadinya kolaborasi dan inovasi. Meskipun Tangerang memiliki kegiatan ekonomi kreatif yang tinggi, belum ada fasilitas seperti creative hub yang dapat menjadi pusat dalam menampung kegiatan tersebut. Selain itu juga dilakukan studi banding pada creative hub lain dan ditemukan permasalahan berupa kebisingan, pencahyaan, serta terdapatnya ruang yang kurang terpakai. Oleh karena itu, dirancang sebuah Pusat Desain Kreatif Tangerang sebagai wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif dan masyarakat sekitar dalam melakukan kegiatannya. Dengan tujuan mewadahi para pelaku kreatif khususnya di Tangerang melalui pendekatan aktivitas, sehingga kebeutuhan pengguna ruang dapat terpenuhi. Metode penelitian yang digunakan dalam Menyusun laporan dan perancangan meliputi studi banding, studi literatur, wawancara dan kuesioner. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah pusat desain kreatif yang dapat menjadi fasilitas pendorong dalam meningkatkan perekonomian daerah berupa ruang dengan fasilitas yang dapat mengakomodasi kegiatan ekonomi kreatif unggulan pada Tangerang.
Kata Kunci: Creative hub; Ekonomi kreatif; Tangerang