KAJIAN KOMPARATIF PENGARUH SERVICE QUALITY DAN PERCEIVED SAFETY TERHADAP SATISFACTION DAN ATTITUDINAL LOYALTY KONSUMEN LAYANAN TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI PADA GORIDE DAN GRABBIKE DI KOTA BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SAYYID SABIQ ABU BAKAR

Informasi Dasar

98 kali
25.04.3864
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

GoRide dan GrabBike sebagai dua pemain utama pada sektor layanan ride hailing roda dua, menciptakan kompetisi ketat di Kota Bandung sebagai salah satu kota metropolitan dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dan menghadapi tantangan mobilitas yang kompleks, seperti meningkatnya jumlah kendaraan roda dua dan keterbatasan transportasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji secara komparatif pengaruh kualitas layanan dan persepsi keamanan terhadap kepuasan serta loyalitas sikap konsumen pada layanan GoRide dan GrabBike di Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling, yang menghasilkan sebanyak 400 responden terlibat. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM PLS) untuk menguji hubungan antar variabel yang diteliti. Penelitian ini mendapati hasil bahwa baik pada keseluruhan sampel, maupun secara terpisah untuk GoRide dan GrabBike, setiap hubungan antar variabel yang diteliti menunjukkan pengaruh positif dan signifikan. Secara spesifik, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi keamanan, kepuasan, dan loyalitas sikap pengguna di Kota Bandung. Persepsi keamanan juga terbukti berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas sikap, dan kepuasan berkontribusi secara signifikan dalam membentuk loyalitas sikap. Analisis multigroup menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara pengguna GoRide dan GrabBike dalam menanggapi hubungan antar variabel tersebut, yang berarti persepsi dan perilaku pengguna terhadap kedua layanan relatif serupa. Temuan ini menegaskan bahwa konsistensi dalam kualitas layanan dan fokus pada aspek keamanan serta kepuasan pelanggan merupakan kunci utama dalam membangun loyalitas, terlepas dari merek atau platform yang digunakan.

Subjek

BUSINESS MARKETING
 

Katalog

KAJIAN KOMPARATIF PENGARUH SERVICE QUALITY DAN PERCEIVED SAFETY TERHADAP SATISFACTION DAN ATTITUDINAL LOYALTY KONSUMEN LAYANAN TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI PADA GORIDE DAN GRABBIKE DI KOTA BANDUNG - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 129p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAYYID SABIQ ABU BAKAR
Perorangan
Maya Ariyanti, Refi Rifaldi Windya Giri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • EBI4K4 - MANAJEMEN JASA DAN OPERASI
  • EBI2H4 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • DAK4DAB4 - Metodologi Penelitian
  • DAK3QAB4 - Perilaku Konsumen

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini