PT. Sentra Bintang Sejahtera (SBS) merupakan perusahaan agribisnis teh di Jawa Barat yang menghadapi tantangan internal maupun eksternal berupa fluktuasi produksi, ketergantungan terhadap pemasok, dan tekanan persaingan industri. Di sisi lain daya saing perusahaan perlu tetap bertumbuh berkelanjutan sehingga diperlukan analisa kondisi lingkungan untuk dapat memformulasikan strategi pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis SBS dengan menggunakan analisis SWOT, Matriks IFE-EFE-IE, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).
Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara. Narasumber wawancara berjumlah 8 (delapan) orang yang berasal dari internal perusahaan dan dari eksternal yang terdiri dari pelanggan, pemasok dan pesaing. Uji keabsahan hasil wawancara dilakukan dengan triangulasi dan atau member check. Selain wawancara juga disebar angket kuantitatif untuk menyusun matriks-matriks yang diolah sesuai peruntukannya. Penentuan Weight berbasis industri/bisnis , rate berdasarkan performansi perusahaan dan attractiveness score berdasarkan daya tarik strategi bagi perusahaan. Hasil dari lapangan tersebut selanjutnya diolah melalui tahapan analisis proses input (analisis S, W, O, T; matriks EFE; matriks IFE), tahap kedua pencocokan (matriks IE, matriks SWOT) dan terakhir tahap keputusan dengan matriks QSPM.
Hasil penelitian ini adalah menunjukkan PT. Sentra Bintang Sejahtera memiliki kekuatan internal yang Average (skor IFE 2,97) dan lingkungan eksternal yang cukup mendukung (skor EFE 2,99) Medium. Posisi pada sel V Matriks IE merekomendasikan efisiensi operasional dan penguatan daya saing internal. Dari lima strategi prioritas, optimalisasi pemasaran digital melalui platform online menjadi yang utama dengan hasil nilai TAS tertinggi menandakan urgensi implementasinya untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.