ANALISIS RESEPSI AUDIENS TIKTOK DALAM KONTEN ULASAN PRODUK PELEMBAP CALM DOWN OLEH BEAUTY INFLUENCER TASYA FARASYA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

KEYSHA RIZKIA PUTRI

Informasi Dasar

141 kali
25.04.4704
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilandasi dengan fenomena meningkatnya konsumsi konten ulasan mengenai produk skincare di media sosial, khususnya di TikTok, serta peran besar beauty influencer seperti Tasya Farasya dalam memengaruhi membentuk opini publik melalui gaya komunikasi yang informatif dan persuasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana audiens memaknai terhadap konten ulasan produk skincare pelembap Calm Down brand Somethinc yang diunggah oleh Tasya Farasya di akun TikToknya sebagai pemenuhan informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis resepsi menggunakan teori encoding-decoding Stuart Hall untuk menganalisis resepsi para audiens terhadap konten ulasan Tasya Farasya. Informan dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu individu yang berkomentar pada video ulasan di TikTok. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi konten, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiens memiliki beragam resepsi terhadap konten, yang dikategorikan dalam tiga posisi resepsi: dominant-hegemonic, negotiated, dan oppositional. Hasil penelitian mayoritas menunjukkan berada pada posisi negotiated yaitu menerima pesan secara umum namun namun menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Selain itu satu informan berada pada posisi dominant yang menerima pesan secara keseluruhan. Tidak ditemukan informan pada posisi oposisi. Penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas influencer, kualitas konten, dan relevansi produk menjadi faktor penting dalam proses penafsiran audiens.

Subjek

ILMU KOMUNIKASI
 

Katalog

ANALISIS RESEPSI AUDIENS TIKTOK DALAM KONTEN ULASAN PRODUK PELEMBAP CALM DOWN OLEH BEAUTY INFLUENCER TASYA FARASYA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 80p.: il,; pdf file
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEYSHA RIZKIA PUTRI
Perorangan
Almira Shabrina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • KII1K3 - KOMUNIKASI MASSA DAN MEDIA BARU
  • EAK1EAB3 - Komunikasi Massa dan MediaBaru

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini